Ini Beberapa Manfaat Jika Setiap Hari Bangun Pagi BAgi Kesehatan -->

Advertisement

Ini Beberapa Manfaat Jika Setiap Hari Bangun Pagi BAgi Kesehatan

Sabtu, 17 Agustus 2019

Manfaat Setiap Hari Bangun Pagi - Akrab dengan frasa 'bukan orang pagi'?


 Istilah ini dimaksudkan untuk orang yang kurang bersemangat untuk bangun pagi sehingga mereka menjalani hari dengan suasana hati yang buruk dan tubuh yang lemas.

 Padahal bangun pagi sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran.

Ini Beberapa Manfaat Jika Setiap Hari Bangun Pagi BAgi Kesehatan


Apa manfaat membuka mata di pagi hari? lihat penjelasan di bawah ini.

Lakukan diet sehat
Bangun di sore hari beresiko melewatkan sarapan yang penting karena stok dimulai hari itu. Padahal, tubuh membutuhkan nutrisi di pagi hari untuk energi dan fokus. Makan sarapan setiap hari dapat menciptakan kebiasaan makan yang sehat.

Sebab, sarapan membuat perut terasa kenyang sepanjang hari. Akibatnya, kita terhindar dari keinginan untuk mengonsumsi makanan tinggi gula dan kalori.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Northwestern University pada 2011, orang-orang yang tidur lebih larut dan bangun kemudian mengonsumsi lebih dari 248 kalori per hari atau dua kali lebih cepat dari makanan cepat saji. Mereka juga hanya melahap separuh bagian buah atau sayuran dari jumlah yang disarankan.





Beri Waktu untuk Berolahraga
Tidak ada yang salah dengan berolahraga di sore atau malam hari, setelah menyelesaikan aktivitas sepanjang hari. Namun, dengan meluangkan waktu di pagi hari untuk berolahraga, Ibu tidak membiarkan hari yang melelahkan menghalangi niat untuk melakukan aktivitas fisik.

Para ahli di The American Council on Exercise menunjukkan bahwa olahraga ringan di pagi hari, seperti peregangan atau berjalan, dapat meningkatkan tingkat energi dan mencegah tubuh merasa cepat lelah.

Kebiasaan tidur yang baik
Manfaat lain dari bangun pagi adalah kebiasaan tidur. Dan itu baik untuk kesehatan. Untuk bangun pagi, tentu saja Anda harus tidur lebih cepat. National Sleep Foundation merekomendasikan orang dewasa untuk tidur 7-9 jam setiap malam untuk kesehatan mental.

Otak butuh istirahat untuk menjaga daya ingat. Selain itu, tidur yang cukup juga memengaruhi produksi hormon, seperti mengurangi kadar hormon grehlin dan meningkatkan hormon leptin yang mengatur nafsu makan.

Jauh dari Depresi
Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Emotion pada 2012, manfaat lain dari bangun tidur adalah orang merasa lebih bahagia dan berpikir lebih positif. Berbeda halnya dengan orang yang sering bangun terlambat.

Bangun pagi berarti bisa menyediakan waktu untuk diri sendiri. Baik itu untuk berolahraga, sarapan, atau menikmati lebih banyak waktu bersama keluarga.

Bangun pagi adalah cara termudah untuk mempertahankan tubuh yang sehat, tetapi manfaat dari bangun lebih banyak daripada berbagai tips menjaga kesehatan yang dapat diterapkan. Misalnya, Anda bisa merasakan udara pagi dan sinar matahari yang baik untuk tubuh. Ayo, bangun lebih awal!