Mitos atau Fakta? Pasti Mual Pada Awal Kehamilan -->

Advertisement

Mitos atau Fakta? Pasti Mual Pada Awal Kehamilan

Minggu, 18 Agustus 2019

Mual tanda Hamil - Normal untuk mengalami mual pada awal kehamilan. Jika Anda mengalami mual dan muntah pada tahap yang wajar, tidak perlu khawatir tentang keselamatan dan kesehatan janin di dalam rahim.

Mual biasanya terjadi karena perubahan hormon dalam tubuh atau sensitivitas terhadap bau tertentu. Apa pun itu, mual selama kehamilan adalah cara bagi tubuh untuk mengingatkan ibu agar menyesuaikan kegiatannya sesuai perkembangan janin.

Ketika telah mengetahui bahwa anda benar-benar hamil, perbanyaklah Dzikir dan Doa agar di beri rejeki lancar, anak soleh sholehah dan menjadi anak cerdas. Dzikir untuk ibu hamil itu sangat penting, jangan remehkan kekuatan dzikir.

Mitos atau Fakta? Pasti Mual Pada Awal Kehamilan

Bagaimana cara mengatasi mual secara alami selama kehamilan? Berikut caranya :

1. Istirahat yang cukup
Mual juga bisa disebabkan oleh kelelahan. Aktivitas ibu selama hamil tentu harus berubah, berbeda dari waktu sebelum kehamilan.

Cara mengatasi mual saat hamil karena kelelahan adalah dengan banyak istirahat dan mengurangi aktivitas. Apalagi di awal kehamilan, Anda benar-benar butuh istirahat lebih dari biasanya.

2. Konsumsi Makanan / Minuman Dingin
Salah satu cara mengatasi mual selama hamil adalah dengan mengonsumsi makanan atau minuman dingin. Makanan atau minuman dingin dapat meredakan mual karena aromanya tidak terlalu kuat, jika dibandingkan dengan makanan / minuman panas / hangat.

3. Jahe
Makan jahe adalah salah satu cara mengatasi mual selama kehamilan. Mampu mengonsumsi permen jahe, atau mencampur susu hangat dengan jahe untuk membuat perut terasa lebih lega dan meredakan mual.

4. Olahraga ringan
Saat hamil, Anda benar-benar harus banyak istirahat. Namun disarankan untuk tetap berolahraga, tentu saja, olahraga ringan. Yang penting, kebugaran tubuh dan stamina tetap terjaga, misalnya berjalan di sekitar kompleks atau yoga di rumah.

Aktivitas ringan ini dapat menjadi cara untuk mengatasi mual selama kehamilan, karena mengurangi stres yang merupakan salah satu penyebab mual selama kehamilan.

5. Makan banyak buah
Buah segar bisa menjadi pencegah atau meredakan mual selama kehamilan. Terutama, buah-buahan yang banyak mengandung antioksidan dan vitamin seperti apel, jeruk, dan mangga. Ada beberapa buah yang perlu dihindari oleh wanita hamil, termasuk nanas, pepaya muda, durian, dan delima karena dapat menyebabkan panas pada tubuh dan janin.

6. Sesuaikan diet Anda
Selain beraktifitas, pola makan selama hamil juga berubah. Untuk mengurangi mual, selama kehamilan Anda harus makan dalam jumlah lebih sedikit tetapi lebih sering. Jangan lupa banyak minum agar ibu hamil tidak mudah terserang dehidrasi.

Apalagi jika Anda sering mengalami mual atau muntah, cairan tubuh yang hilang harus segera diganti.

Jika mual dan muntah selama kehamilan menjadi lebih sering, maka segera konsultasikan ke dokter. Bisa jadi ini merupakan pertanda gangguan kehamilan.

Selain itu, jika Anda sering mengalami mual atau muntah, Anda akan kehilangan berat badan dan cairan tubuh sehingga Anda perlu dirawat lebih lanjut.

Sumber Sahabatnestle